Cara Memulai Usaha Percetakan

memulai usaha percetakan

xbisnis.com – Berbisnis tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Untuk menjadi pebisnis yang sukses harus punya strategi yang matang dan modal yang besar (jika bisnis besar). Salah satu bisnis yang bisa dicoba adalah bisnis percetakan. Bisnis ini bukan bisnis main-main, karena jika kita menggelutinya dengan baik, hasil yang didapat sangat fantastis. Ko bisa? Bagaimana caranya? Oleh karena itu, admin akan berbagi tips bagaimana cara memulai usaha percetakan.┬áSimak penjelasannya berikut ini.

Persiapan Memulai Bisnis Percetakan

Dalam usaha percetakan, banyak sekali yang bisa kita jadikan barang untuk dijual diantaranya ada undangan, kartu nama, mug, foto, piala, grafir, akrilik, huruf timbul dan masih banyak lagi. Oleh karena itu kita harus memanfaatkan sumber daya yang ada dengan sebaik-baiknya. Bisnis percetakan ini tidak akan ada matinya, karena setiap orang membutuhkan sesuatu untuk di cetak. Kartu nama untuk pebisnis, undangan bagi yang akan menikah, piala untuk panitia lomba dan lainnya itu pasti membutuhkan yang namanya percetakan.

Usaha percetakan ini juga sudah mejamur dimana-mana karena memang mereka tau keuntungan apa saja jika kita mempunya bisnis cetak ini. Pada akhirnya, usaha ini tingkat persaingannya sangat tinggi yang mengharuskan kita untuk selalu melakukan inovasi guna menarik minat pengunjung untuk datang ketempat bisnis yang kita jalani. Untuk menarik minat pengunjung, kita bisa gunakan berupa diskon atau harga khusus bagi pelanggan. Bagaimanapun caranya agar kita mempunyai pelanggan tetap. Jangan lupa untuk memberikan kualitas terbaik kepada customer. Karena itulah kunci sukses dalam bisnis percetakan.

Yang menjadi kendala bagi yang ingin membuka usaha ini yaitu modal. Modal yang sangat besar untuk membeli peralatan percetakan, seperti mesin fotokopi, press mug, printer, scanner, mesin offset dan lainnya yang harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Tetapi jaman sekarang usaha apapun bisa dilakukan walau tidak mempunyai modal sebesar itu.

Memulai Usaha Percetakan dengan Modal Kecil

Untuk yang belum mempunyai modal, bisa memulai dari yang kecil terlebih dahulu seperti membeli seperangkat komputer dan printer biasa hanya untuk kebutuhan print dokumen atau foto. Setelah terkumpul uang yang cukup, bisa digunakan untuk membeli peralatan lainnya seperti mesin press dll. Untuk peralatan lainnya bisa dilakukan secara betahap, yang terpenting adalah memulai terlebih dahulu.

Bagi yang dikasih rezeki lebih bisa langsung membeli peralatan percetakan lainnya seperti mesin offset untuk cetak banner atau press kaos sablon, mesin fotkopi dll. Untuk operator mesin tersebut bisa kalian merekrut teman atau kenalan yang sudah mahir menggunakan alat percetakan. Atau sewa pengajar untuk mengajari karyawan bagaimana cara menggunakan mesin percetakan.

Apa saja yang bisa dicetak di percetakan?

Banyak produk yang bisa dijual di percetakan, mulai dari yang sederhana sampai yang rumit jika kalian bisa melakukannya. Mulai dari yang harganya murah sampai yang ter mahal. Berikut ini barang-barang yang bisa dijual dalam usaha percetakan.

1. Kartu Undangan Pernikahan atau Khitanan

percetakan undangan pernikahanWalaupun zaman sudah serba digital, tetapi hampir semua orang menggunakan kartu undangan untuk mengundang ke acara spesialnya, entah itu pernikahan, khitanan atau lainnya.

2. Kartu Nama

usaha percetakan kartu namaTidak dapat dipungkiri bahwa kartu nama merupakan hal penting bagi seorang pengusaha karena kartu nama bisa menjadi jalan pelebaran usahanya. Didalam kartu nama biasanya berisi informasi tentang nama, jabatan, alamat, nomor telepon dan perusahaan yang ia punya.

3. Stempel

usaha percetakan stempelStempel/cap masih dibutuhkan dalam pengiriman surat atau kop surat sebagai pananda dari siapa barang itu dikirim. Saat ini sudah banya stempel yang bisa digunakan, mulai dari stempel manual sampai otomatis yang tinggal tekan saja. Pastikan stempel ini ada dalam list jenis barang yang dijual di percetakan kamu ya.

4. Stiker/Cutting Stiker

usaha percetakan stiker labelStiker masih menjadi barang yang berguna bagi semua orang khusnya perusahaan atau pabrik-pabrik, dimana setiap barang yang mereka hasilkan harus dikasih label/stiker tersebut.

5. Banner

usaha percetakan bannerBanner sudah menjadi ciri khas bagi para pengiklan dengan modal kecil. hanya bermodal Rp 35.000,- saja orang sudah bisa beriklan menempelkan bannernya dimana saja. Banner sangat dibutuhkan bagi mereka pengusaha kecil menengah seperti toko-toko atau pedagang pinggir jalan.

6. Sablon Kaos

usaha percetakan sablon kaosSaat ini usaha sablon kaos sedang menjamur sekali. Salah satunya karena sebentar lagi akan ada pemilu dimana para calon akan berlomba-lomba membuat kaos untuk para pendukungnya. Inilah kesempatan kalian untuk mengambil keuntungan. Buka lah usaha sablon kaos. Dijamin kalian akan mendapatkan keuntungan yang melimpah.

Itulah beberapa produk yang bisa kalian buat saat memulai usaha percetakan. Sebetulnya masih banyak sekali produk yang bisa kalian jual. Tapi biasanya barang diatas lah yang sering dibuat di percetakan. Jika kalian punya ide lain tentang produk apa saja yang bisa dijual di percetakan, kalian bisa komentar di bawah ya. Terimakasih sudah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *