Persiapan Menjadi Seorang Mompreneur Yang Sukses

persiapan menjadi mompreneur sukses

Setelah mengetahui keuntungan dan kerugian menjadi seorang mompreneur, kali ini saya akan membahas mengenai langkah apa saja yang harus dipersiapkan untuk menjadi seorang mompreneur yang sukses. Perlu diingat bahwa tidak ada kesuksesan yang didapat dalam sekejap. Kita lihat kebelakang bagaimana perjuangan mereka yang telah suskses saat ini. Anda akan menemukan bahwa sebagian orang mendapatkan kesuksesan tersebut melalui satu kata kunci, yaitu PROSES.

Persiapan Menjadi Seorang Mompreneur

Beberapa persiapan untuk menjadi seorang mompreneur diantaranya:

1. Persiapan Usaha

persiapan usaha
pixabay.com

Semua yang kita lakukan harus ada persiapannya terlebih dulu. Termasuk membuka usaha, persiapan harus dilakukan agar usaha yang akan dijalankan dapat berjalan sesuai rencana, lancar dan sukses. Dengan perencanaan yang matang, kita bisa meminimalisir kerugian. Ada beberapa persiapan yang mesti dilakukan, diantaranya sebagai berikut:

a. Persiapan Mental
Biasanya, lingkungan atau rutinitas yang baru dilakukan akan membuat anda tidak nyaman. Tetapi, lambat laun anda akan terbiasa dengan keadaan tersebut. Oleh karena itu, untuk memulai sesuatu yang baru, Anda harus mempersiapkan mental supaya kuat menerima semua resiko ketika melakukan sesuatu yang baru tersebut.

b. Persiapan Skill
Untuk menjadi seorang mompreneur, harus menyiapkan skill atau keahlian. Tidak usah terlalu memikirkan skill apa yang bisa dilakukan, karena akan lebih mudah apabila bakat tersebut sesuai dengan pengalaman atau kebiasaan diri. Itu juga sudah cukup untuk bekal menjadi seorang pengusaha bagi ibu rumah tangga.

c. Persiapan Modal
Modal disini maksudnya modal finansial, yaitu uang. Karena tidak dapat dipungkiri, untuk memulai bisnis kita membutuhkan dana awal sebagai modal. Walaupun bukan segala-galanya, karena ada juga usaha yang dilakukan tanpa modal, tapi modal sangat penting untuk memulai sebuah usaha.

d. Persiapan Tempat
Karena seorang ibu lebih banyak beraktivitas dirumah, jadi tempat yang cocok untuk melakukan bisnis ya dirumah itu sendiri. Namun lebih baik kamu menyediakan tempat khusus untuk usaha yang akan kamu lakukan. Selain terlihat lebih rapi, dengan adanya ruangan khusus kehidupan rumah tangga tetap terjaga privasinya.

e. Persiapan Waktu
Dalam dunia bisnis, harus bisa membagi waktu. Apalagi untuk seorang mompreneur yang harus bisa berbagi waktu antara pribadi, keluarga dan lingkungan sekitar. Walaupun tidak mudah, Anda harus belajar jika tekad menjadi ibu pengusaha sudah bulat. Siap menjadi pribadi yang ketat dan adil dalam mengatur waktu yang dimiliki.

f. Persiapan Jaringan atau Link
Dalam proses bisnis pasti ada yang namanya jaringan atau link. Karena bisnis tanpa jaringan maka tidak akan ada bisnis. Berhasil atau tidaknya seseorang dalam membangun sebuah relasi adalah kunci sukses perbisnisan. Tidak akan maju sebuah usaha jika tidak dibarengi denga kuatnya jaringan atau link.

2. Permasalahan yang Muncul

masalah bagi mompreneur
pixabay.com

Bagi seorang istri tidak mudah untuk memulai usahanya, karena selain harus siap fisik dan mental, membagi wakut, kadang juga tidak dapat izin dari suami. Alasan suami melarang biasanya karena kasihan melihat istrinya yang setiap hari sibuk akan bertambah super sibuk ketika menjadi pengusaha karena akan bertambah urusan lain selain dapur, sumur dan kasur. Selain itu kekhawatiran suami terhadap istrinya karena takut berkurangnya perhatian sang istri kepada anak dan suaminya ketika menjadi pebisnis.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan ketika istri dalam kondisi seperti diatas.

a. Berkomunikasi
Komunikasi merupakan kunci untuk memasuki hati seseorang. Oleh karena itu, komunikasikan dengan baik kepada suami bahwa Anda mempunyai niatan baik seperti membantu kebutuhan keluarga. Yakinkan kepada suami bahwa menjadi mompreneur merupakan keputusan yang bagus untuk kepentingan bersama

b. Menunjukkan Bukti Nyata
Buktikan kepada suami bahwa banyak contoh diluar sana yang sukses menjadi mompreneur. Dengan demikian suami anda juga pasti akan percaya dengan bisnis yang akan Anda jalankan.

c. Strategi dalam Mengurus Anak
Mengasuh dan mendidik anak adalah ahl terpenting bagi seorang ibu karena ibu adalah sekolah bagi anak-anaknya. Namun jika diberikan pilihan lain, Anda bisa menggunakan Babby Sitter atau sodara untuk mengurus anak Anda.

Itulah kiat-kiat yang bisa dilakukan seorang Ibu Rumah Tangga supaya menjadi Mompreneur yang sukses. Jika ada masukan lain silahkan berkomentar dibawah ya. Terimakasih. Salam Sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.