Sejarah Kayu Kaukah Kokka atau Pukaha

Sejarah Kayu Kaukah, Kokka atau Pukaha

xbisnis.com – Kali ini admin akan menjelaskan  bagaimana  Sejarah Kayu Kaukah Kokka atau Pukaha berbeda penyebutan di setiap daerah. Selanjutnya kita sebut kaukah saja ya. Kayu kaukah ini sudah terkenal sekali sejak zaman Nabi, pasti kalian juga sudah tahu apa bedanya kayu kaukah dan kayu biasa yang suka kita jadikan tasbih. Namun kalian pasti belum mengetahui betul bagaimana asal muasal kayu kaukah ini tercipta.

Sejarah Kayu Kaukah, Kokka atau Pukaha

Sejarah Kayu Kaukah, Kokka atau Pukaha

Banyak orang menyebutnya koka atau kaukah, lain lagi di daerah kalimantan, mereka menyebutnya pukaha. Kayu ini merupakan jenis tumbuhan palmae. Kata “Koka” merupakan sebutan oleh orang Turki atau mereka sebut “kuka” berasal dari kata “Coco De Mer” atau “Melanococa” yang sering digunakan untuk menghasilkan minyak. Kayu kaukah merupakan hasil dari spesies tanaman palmae “Attalea Funifera”.

Didalam cerita Islam, kayu kaukah dahulunya pernah menjadi bagian daripada kemukjizatan Nabi Musa A.S, yang digunakan pada saat membelah laut merah ketika dikejar oleh gerombolan pasukan Fir’aun. Selain Nabi Musa, kayu kaukah ini digunakan juga oleh Nabi Nuh A.S, sebagai bahan dasar pembuatan kapal yang dari kisahnya merupakan kapal yang bisa menyelamatkan umatnya dari banjir besar. Kemudian, kayu ini digunakan juga oleh Nabi Sulaiman A.S, untuk menguasai seluruh jin. Dan Nabi terkahir yang menggunakan kayu ini adalah Nabi kita yaitu Nabi Muhammad SAW, yang digunakan baginda Rasul sebagai tasbih untuk membantu beliau ketika akan berdzikir mengingat Allah SWT.

Dari sejarah diatas, otomatis kayu ini merupakan kayu dengan kualitas mutu yang paling tinggi diantara kayu lainnya di muka bumi ini.

Di zaman sekarang, kayu koka ini sudah digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti tasbih, perhiasan seperti gelang, cincin dan kalung oleh beberapa orang. Kerajinan kayu ini juga memiliki berbagai variasi warna yang bisa kita pilih, mulai dari yang mengkilap, coklat kekuningan dan juga kehitam-hitaman.

Nah, itulah beberapa cerita yang bisa kita ambil dari beberapa sumber yang ternyata asal mula kayu ini merupakan kayu yang suka digunakan para Nabi termasuk Nabi Muhammad SAW. Dengan mengetahui sejarah kayu kaukah ini, semoga kita dapat mengambil berkah dan teladan agar kita bisa lebih memperhatikan sejarah-sejarah yang ada di sekeliling kita.

Itulah bagaimanan Sejarah Kayu Kaukah, Kokka atau Pukaha yang telah admin rangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *